Sunday, September 21, 2014

Pengantar Manajemen

PT. ASKES
STRUKTUR ORGANISASI
A.  Pemegang Saham
1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
:
60%
2. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan
:
20%
3. PT Kimia Farma (Persero) Tbk
:
10%
4. PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
:
10%
B. Direksi
Pjs. Direktur Utama
:
dr. Roy Ibrahim, HIA, AAK
Direktur Keuangan dan Umum
:
Revaldi Ramli, SE, MM
Direktur Pemasaran
:
dr. Wahyu Handoko
Direktur Teknik dan Operasional
:
dr. Roy Ibrahim, HIA, AAK
C. Komisaris
Komisaris Utama
:
Prof.Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, PH.D
Komisaris
:
DR. H. Fachmi Idris
Komisaris Independen
:
DR. I Ketut Sendra, SH, MM, MH, CLU, AAIJ, QIP.

VISI MISI
Visi
Menjadi pilihan utama dalam industri asuransi kesehatan di Indonesia.
 
Misi
1.                  Menyelenggarakan bisnis asuransi kesehatan secara profesional dengan prinsip Good Corporate Governance untuk memberikan nilai yang optimal bagi Pemegang Saham.
2.                  Memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan.
3.                  Mengembangkan sumberdaya manusia yang kompeten, produktif, dan sejahtera.
4.                  Meningkatkan jumlah masyarakat yang dicakup dalam sistim asuransi kesehatan.

Dalam pengelolaan organisasinya, PT Askes Indonesia, memiliki sebuah Dewan Komisaris yang terdiri dari 1 orang ketua dan 5 orang anggota ( 1 orang independen),serta sebuah Dewan Direksi yang beranggotakan 1 orang Direktur Utama,1 orang Wakil Direktur Utama, dan 4 (empat) orang anggota Dewan Direksi lainnya yang memiliki fungsi dan tanggung jawab yang berbeda seperti Direktur SDM & Umum, Direktur Perencanaan & Pengembangan, Direktur Operasional, dan Direktur Keuangan.
Berikut nama-nama Dewan Komisaris PT Askes Indonesia (Persero) serta jabatan nya:
·         dr. Farid W Husain, Sp. BD. (K) / Komisaris Utama
·         Hambra Samal, SH. MH. / Komisaris
·         DR. Ida Bagus Indra Gotama, SKM. Msi. / Komisaris
·         Drs. Tata Suntara, DESS / Komisaris
·         Drs. Eko Sutrisno, MSi. / Komisaris
·         DR.dr.Fachmi Idris, M. Kes/ Komisaris Independen
Berikut nama-nama Dewan Direksi PT Askes Indonesia (Persero) serta Jabatan nya:
·         dr. I Gede Subawa, M.Kes., AAAK / Direktur Utama
·         Drs. Kemal Imam Santoso, MBA / Wakil Direktur Utama
·         Purnawarman Basundoro , Ak . MBA / Direktur Keuangan
·         dr.Zulfarman M.Kes / Direktur SDM & Umum
·         dr. Suzanna Zadli Razak, MM., HIA / Direktur Perencanaan dan Pengembangan
·         dr. Umbu Marambadjawa Marisi, MPH., HIA., MHP., AAK / Direktur Operasional




Pembahasan masalah

Di dalam PT Askes Indonesia (Persero) terdapat Dewan Komisaris yang berewanang dan bertanggung jawab sebagai berikut:
1.      Melakukan pengawasan terhadap pengelolaan Perusahaan yang dijalankan oleh Direksi, termasuk perencanaan dan pengembangan, operasi dan anggaran, kepatuhan terhadap Anggaran Dasar Perusahaan dan pelaksanaan mandat dan keputusan RUPST dan RUPSLB. Dewan Komisaris tidak berwenang untuk menjalankan maupun mengelola Perusahaan, kecuali dalam situasi apabila seluruh anggota Direksi diberhentikan sementara karena suatu sebab;
2.      Memberikan saran dan pendapat kepada RUPST mengenai pelaporan keuangan tahunan, rencana pengembangan perusahaan, penunjukan Kantor Akuntan Publik sebagai auditor dan hal-hal penting serta strategis lainnya terkait dengan aksi Perusahaan;
3.      Melakukan evaluasi atas rencana kerja dan anggaran Perusahaan, mengikuti perkembangan Perusahaan, dan melakukan koordinasi dengan pihak Direksi jika ada gejala yang menunjukkan Perusahaan sedang dalam masalah sehingga Direksi dapat segera mengumumkannya kepada para pemegang saham dan memberikan rekomendasi untuk langkah-langkah perbaikan yang harus ditempuh;
4.      Memastikan program pelaksanaan tata kelola Perusahaan telah diterapkan dan dipelihara dengan baik sesuai peraturan yang berlaku.
Di dalam PT Askes Indonesia (Persero) terdapat Dewan Direksi yang berewanang dan bertanggung jawab sebagai berikut:
1.      memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan
2.      memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
3.      menyetujui anggaran tahunan perusahaan
4.      menyampaikan laporan kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan
Untuk kelancaran dan keberhasilan suatu perusahaan, maka perlu dibentuk struktur organisasi dengan tujuan agar dapat terlaksananya tugas dengan lancar dan baik. Struktur organisasi juga merupakan gambaran susunan perwujudan oleh tetap hubungan-hubungan, fungsi-fungsi, bagian-bagian dan posisi-posisi maupun yang memisahkan kedudukan dan wewenang dan tanggung jawab bagi tiap-tiap karyawan dalam organisasi.










PT.  PRUDENTIAL

1)             Visi Prudential
Menjadi Perusahaan Nomor Satu di Asia, dalam hal :
-          Dalam pelayanan nasabah
-          Dalam memberikan hasil terbaik bagi para pemegang saham
-          Dalam mempekerjakan orang-orang terbaik
2)             Misi Prudential
“Menjadi perusahaan Jasa Keuangan Ritel terbaik di Indonesia, melampaui pengharapan para nasabah, tenaga pemasaran, staf dan pemegang saham dengan memberikan pelayanan sempurna, produk berkualitas, tenaga pemasaran profesional yang berkomitmen tinggi serta menghasilkan pendapatan investasi yang menguntungkan”.
Empat Pilar Misi
Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Misi, PT Prudential Life Assurance memiliki Empat Pilar, yaitu fondasi yang merupakan dasar berdiri dan berkembangnya perusahaan serta yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain. Berikut ini adalah Empat Pilar:
·      Semangat untuk selalu menjadi yang terbaik
·      Organisasi yang memberikan kesempatan belajar
·      Bekerja sebagai suatu keluarga
·      Integrasi dan Keuntungan yang merata bagi semua pihak yang terkait dengan perusahaan


1 comment: